About Fish and Aquarium

Populer Post

Melindungi Ikan Koi dari Virus Herves

 
Koi herpes virus ( khv ) atau virus herpes pada ikan koi adalah penyakit yang gampang menular pada beragam type ikan terhitung koi serta keluarga karper. kematian ikan yang dikarenakan virus herpes dapat meraih 20% s/d 100%. virus ini biasa menyebar pada musim panas waktu suhu air cukup tinggi, pada suhu 18 hingga 27 derajat celcius. kematian yang dikarenakan virus herpes ini terhitung cepat cuma kurun waktu 24 -48 jam sejak ada gejala. kematian ikan koi yang dikarenakan oleh virus herpes terhitung sporadis, dikarenakan kematian didalam jumlah yang besar.

Virus herpes pada ikan koi umumnya dapat lebih gampang menyebar bila situasi air serta lingkungan jelek. untuk mengetahui ikan koi yang terkena virus herpes ini ada langkah'>cara-cara. langkah sangat gampang yaitu enali gejala-gejala klinis yang gampang tampak, namun langkah lain yaitu dengan lakukan uji laboratorium.

Gejala-gejala klinis pada ikan koi yang terkena virus herpes bisa dipandang dari perilaku ikan. sebagian gejala koi yang terkena herpes diantaranya :

Ikan koi yang kerkena herpes dapat tunjukkan gerakan yang tidak termonitor, terkadang aktif serta terkadang diam.
 
Gejala lain koi yang terkena herpes yaitu megap-megap serta senantiasa condong di permukaan air.

Ada bercak atau binti-bintik warna merah serta putih pada insang, bercak atau bintik putih nampak disebabkan nekrosis atau kematian jaringan insang. insang tersebut dapat terlihat lebih pucat lantas berlangsung pembusukan, ciri yang lain :
  • nafsu makan menurun
  • mata ikan jadi cekung serta terjaadi lecet pada kulit ikan.
  • kulit melepuh.
  • kematian massal berlangsung kurun waktu 1-5 hari.
Koi herpes virus ini dapat menyerang pada ikan koi pada waktu ikan ditebarkan ataupun pada waktu ada perpindahan ikan dari satu area ke area yang lain. virus ini gampang menyebar pada ikan yang satu dengan yang lain. tetapi anda bisa lakukan pencegahan serta lakukan pengurangan efek supaya koi tidak terkena virus herpes.

Sebagian langkah yang dapat dikerjakan untuk menghindar virus herpes diantaranya :
  1. Waspada bila dapat memasukkan ikan baru ke didalam kolam, yakinkan ikan yang masuk sehat, bebas dari kvh serta telah dikarantina terutama dahuku.
  2. Yakinkan ikan baru datang dari sumber terpercaya serta bebas dari khv.
  3. Sebaiknya memasukkan ikan dari satu sumber yang memanglah terpercaya.
  4. Janganlah mencampurkan koi dengan ikan hias lain, khv biasa menyebar pada ikan hias dikarenakan itu janganlah mencamourkan koi dengan ikan hias untuk menghindari dari khv.
  5. Jaga lingkungan kolam didalam situasi yang baik serta maksimal. ini dapat menambah kesehatan serta ketahanan ikan pada khv.
  6. Kurangi jumlah ikan didalam kolam serta hindari ikan koi dari stress.

Bila koi herpes virus terlanjur menjangkiti koi anda, anda bisa lakukan beberapa langkah tersebut :

- Pisahkan ikan koi yang telah terinfeksi dari ikan yang tetap sehat masukkan didalam kolam karantina. yakinkan air didalam kolam karantina bersih.

- Naikkan suhu air kolam karantina dengan perlahan-lahan sampai 30 derajat celcius serta berikanlah aerasi yang cukup.

- Sepanjang masa penyembuhan tidak diberi makan serta berikanlah antibiotik untuk menghindar infeksi sekunder.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl