About Fish and Aquarium

Populer Post

Perawatan Ikan Guppy

Perawatan Ikan Guppy (aquarium-hias) -Pemeliharaan serta perawatan guppy didalam tempat tinggal cukup gampang, perihal ini karena ikan guppy tidaklah jenis ikan yang tergolong manja hingga tidak demikian merepotkan untuk di pelihara. cuma banyak hal yang perlu kita cermati saat merawat serta memelihara ikan guppy yakni mutu air, pemberian pakan, serta fasilitas penunjang akuarium yang lain.
Persiapan akuarium
Pemeliharaan guppy didalam akuarium bisa dikombinasi dengan guppy atau ikan hias type lain. perihal ini juga yang bikin hobiis guppy tertarik untuk mengkoleksinya, dikarenakan guppy dapat tampak indah ada didalam satu akuarium dengan ikan lain yang mempunyai corak warna tidak sama. ukuran akuarium yang dipakai sesuai dengan selera tiap-tiap. yang terutama ukuran akuarium tersebut cocok dengan jumlah ikan yang ada didalamnya. bila akuarium terlampau kecil, mutu air dapat gampang rusak hingga guppy gampang stres serta sakit. sebaliknya, bila akuarium terlampau besar serta jumlah guppy sedikit, akuarium dapat merasa kosong serta keindahan guppynya lalu kurang bisa di nikmati.
Sebagai patokan, guppy yang dipelihara tanpa campuran ikan yang lain bisa memakai akuarium berukuran 40 x 40 x 60 cm untuk lebih kurang 50 ekor. tetapi bila dipelihara berbarengan dengan ikan yang lain, ukuran akuarium yang dipakai mesti semakin besar, contohnya 100 x 40 x 60 cm.

Fasilitas penunjang akuarium seperti filter serta lampu flourscene mesti ada. filter berperan untuk melindungi kejernihan air, namun lampu flouresecene berperan sebagai pemanis tampilan akuarium waktu dapat nikmati keindahan guppy yang ada didalamnya. dekorasi yang dibikin dapat berbentuk dekorasi biotik ( memakai makhluk hidup seperti tanaman air ) atau dekorasi abiotik ( memakai benda-benda mati, seperti pasir, batu, kerikil kecil, karang, patung, kincir air, tanaman imitasi dan yang lain ).
Mutu air 
Mutu air amat memastikan perkembangan, kesehatan, serta mutu warna guppy. oleh dikarenakan itu, air yang dipakai untuk memelihara guppy baiknya diendapkan serta diaerasi terlebih dulu sepanjang dua hari supaya terbebas dari zat-zat beresiko. guppy dapat hidup dengan baik pada air bersuhu 25-28° c dengan ph 7-8. Pada kisaran angka tersebut guppy amat nafsu makan serta perkembangan ekornya dapat optimal. dibawah angka itu perkembangan guppy dapat berbanding terbalik, yakni lambat tumbuh serta bukaan ekornya tidak prima. disamping itu guppy dapat mati bila ph akuarium amat asam ( 5 ) atau amat basa ( 9 ).

Supaya kebersihan air terus terjaga, sitem penyaringan air didalam akuarium guppy mesti betul-betul dirancang dengan baik. mediapenyaringan bisa berbentuk under gravel atau sistem penyaringan di luar akuarium gunakan pompa. pompa yang dipakai untuk mendistribusikan air kedalam media penyaringan baiknya tidak terlampau besar, untuk menghindar guppy tersedot, hingga dapat mengakibatkan kerusakan ekor guppy. sesaat itu, untuk melindungi mutu airnya, air akuarium guppy mesti diganti tiap-tiap 1 minggu sekali.

Pemberian pakan 
Guppy yang dipelihara didalam tempat tinggal juga diberi pakan alami serta pakan buatan supaya perkembangan jalan dengan baik serta sehat. sama seperti ikan hias yang lain, pemnberian pakan guppy dikerjakan 2 x 1 hari, pakan yang didapatkan sebesar 5% dari berat tubuh guppy atau samapi guppy tidak ingin mengonsumsi lagi pakan yang didapatkan. pkan alami yang didapatkan untuk guppy sama juga dengan pakan yang didapatkan untuk cupang hias, yakni cuk ( jentik nyamuk ), kutu air, cacing sutra, serta cacing darah. sesaat itu, pakan buatan yang dapat diberikan yaitu pelet halus ( cocok bukaan mulut ikan ) spesial guppy yang dapat didapatkan di toko ikan hias.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl