About Fish and Aquarium

Populer Post

Cara Merawat Ikan Guppy

 
 
Cara Merawat Ikan Guppy (aquarium-hias) - Guppy awalannya hidup di rawa air payau. ikan ini berkembang biak dengan langkah beranak hingga pemijahannya tergolong gampang. induk jantan memiliki warna yang cerah, tubuh yang ramping, sirip punggung yang lebih panjang, memiliki gondopodium ( berbentuk tonjolan memanjang di belakang sirip perut ) yang disebut modifikasi sirip anal berbentuk sirip panjang. untuk indukan betina memiliki tubuh gemuk, warna yang kurang cerah, sirip punggung kecil, sirip perut berbentuk sirip yang halus.

Tak hanya warna, wujud dasar ekor ikan guppy juga beragam. guppy dibagi menurut wujud ekornya yakni wide tail ( ekor lebar ), sword tail ( ekor panjang ), serta short tail ( ekor pendek ). setiap varietas memiliki 4 jenis wujud ekor. varietas teranyar yakni ribbon/swallow. ini adalah varietas baru dari beragam persilangan mengakibatkan mutasi gen adalah hasil dari kawin silang dari beragam type ikan ini.
Guppy berkembang biak dengan langkah beranak. anak guppy yang baru lahir telah segera bisa berenang dengan baik. perihal ini berlangsung dikarenakan sistem pembuahan guppy dengan internal yakni perkawinan berlangsung pada waktu organ gondopodium yang terdapat pada sirip anal dimasukkan ke didalam organ telur betina.

Guppy jantan yang dapat mengejar betina siap kawin. setiap saat perkawinan bisa jadikan 3 kali kelahiran. waktu kelahiran berkisar 3 minggu serta seekor betina bisa membuahkan 60 ekor burayak.

Memahami sistem pembuahan s/d kelahiran ikan guppy maka butuh digunakan satu metode supaya perkawinan guppy dengan gampang bisa diatur serta dikendalikan cocok dengan hasrat kita. kelemahan dari pembudidayaan guppy yaitu ketidaktelitian terlebih yang memakai sistem kawin masal. tehnik yang dipakai saat menghasilkan strain guppy yang unggul didalam hasilkan f4 atau biasa juga dimaksud dengan sistem line.
Untuk melacak guppy yang bagus umumnya bisa dicari dengan betina yang memiliki wujud ekor yang bagus. namun untuk jantan umumnya dicari warna yang sangat cerah juga dominan. untuk guppy ribbon, betina ribbon amat dominan, namun untuk jantan terus jantan normal, hingga untuk memperoleh guppy ribbon jantan yang bagus tetap dibutuhkan jantan normal. hingga untuk guppy ini dapat dijual per trio.

Langkah menangani penyakit

Penyakit yang umum menimpa guppy yaitu jamur. butuh dipahami jamur tumbuh dengan langkah yang tidak sama dari bakteri. jamur tumbuh dengan spora serta senantiasa tumbuh dengan situasi spesifik. mereka berkembang memiliki siklus spesifik berbentuk spora lantas beralih jadi organisme yang dimaksud miselium.
Jamur ini bisa berkembang biak amat cepat, berupa seperti benang/ulir serta membentuk jaringan-jaringan seperti susunan yang tidak tebal. namun bakteri yang biasa menyerang guppy yaitu mycobacterium piscium, juga sebagian penyebab yang lain.

Butuh di perhatikan untuk lakukan penyembuhan dengan efisien mesti lakukan diagnosa yang akurat, hingga bisa menangani penyakit yang timbul. penyakit yang umum menyerang ikan guppy yaitu :

a. saprolegnia.

Tanda-tanda ikan yang diserang yaitu bercak-bercak putih pada kulit ikan. perawatannya teteskan alkohol metapen dalam

Area sejumlah 2 tetes didalam satu galon air/4 1, 12 ) liter air. langkah setelah itu berikanlah garam serta biarlah sebagian waktu.

Berikanlah hydrogen peroksida untuk membunuh bakteri yang menempel pada jaring ikan sepanjang 15 hingga 30 detik. atau dapat juga dipakai malachite green atau methyline blue atau acriflavin sebagai disinfektan. langkah perawatan ikan yang terkena infeksi bakteri baiknya diberi tambahan area sebelum saat menyembuhkan.

b. Penyakit bengkak atau bloat

Ikan terlihat gelisah, badan terlihat semakin besar dikarenakan kembung. ini dikarenakan dikarenakan peradangan usus ikan. Isolasi ikan yang terkena, lantas masukkan ke didalam satu galon air yang sudah dibubuhi 2 sendok penuh garam inggris. biarlah sepanjang 4 atau 6 jam, lantas imbuhkan air sepanjang 12 jam. sesudah pulih bisa dikembalikan ke area asal.

c. Jamur mulut

Ciri ikan yang terkena jamur mulut gampang dipandang dari warna putih yang terdapat di depan mulutnya. jamur putih tersebut

Adalah koloni amat besar yang melekat pada mulut ikan, hingga menutup mulut ikan hingga tidak dapat bernapas serta makan bisa mengakibatkan ikan mati. penyembuhan memakai aureomycin 25 mg untuk 1 galon air imbuhkan 1 tetes obat merah serta metopen 2 tetes.

d. Penyakit insang

Ciri ikan yang terkena peradangan insang umumnya dikarenakan oleh organisme virus. ciri pada penyakit ini insang buka, malas makan serta senantiasa diatas permukaan air. penyakit ini dikarenakan oleh sebagian bakteri serta jamur serta sangat sukar untuk diatasi.

Ciri ikan ini bila mati insangnya terlihat memerah serta membusuk lebih cepat dari badannya. langkah'>cara-cara yang telah sukses dikerjakan yaitu memberikan metapen mercurochrome direndam sebagian waktu dengan berbarengan lantas kerjakan perawatan gunakan air garam serta berikan area yang semakin besar serta luas.

e. Penyakit kembung

Tanda-tanda ikan yang terkena peradangan perut diantaranya ikan terlihat sukar berenang ke dasar. langkah menanganinya berikanlah 1 sendok teh garam inggris setiap 1/2 liter air, serta rendam ikan sepanjang 3 hingga 4 jam, lantas pindahkan ikan ke didalam area yang ketinggian airnya 3 kali tinggi badan ikan. tetap ada sebagian penyakit yang telah diketahui, contohnya umum kutu atau jarum.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl