About Fish and Aquarium

Populer Post

Membuat Kolam Ikan Nila


 
Membuat Kolam Ikan Nila (aquarium-hias) -Kolam adalah fasilitas utama didalam budidaya ikan, terhitung ikan nila. ada empat type kolam yang biasa dipakai didalam budidaya ikan nila, yaitu kolam induk atau kolam pemijahan, kolam pemeliharaan benih atau pendederan, kolam pembesaran, serta kolam pemberokan.

a ) Kolam pemeliharaan induk/kolam pemijahan

Kolam ini berperan sebagai kolam pemijahan ikan nila, kolam baiknya berbentuk kolam tanah yang luasnya 50-100 mtr. persegi serta kepadatan kolam induk cuma 2 ekor/m2. adapun syarat kolam pemijahan yaitu suhu air berkisar pada 20-22 oc ; kedalaman air 40-60 cm ; dasar kolam baiknya berpasir.
kolam penampungan
b )Kolam pemeliharaan benih/kolam pendederan

Luas kolam tidak kian lebih 50-100 mtr. persegi. kedalaman air kolam pada 30-50 cm. kepadatan baiknya 5-50 ekor/meter persegi. lama pemeliharaan benih ikan nila didalam kolam pendederan/ipukan pada 3-4 minggu, pada waktu benih ikan berukuran 3-5 cm.

c ) Kolam pembesaran

Berperan sebagai area untuk memelihara serta membesarkan benih ikan nila selepas dari kolam pendederan. adakalanya didalam pemeliharaan ini dibutuhkan sebagian kolam pembesaran, yakni :

Kolam pembesaran step i berperan untuk memelihara benih ikan nila selepas dari kolam pendederan. kolam ini baiknya berjumlah pada 2-4 buah dengan luas maksimum 250-500 mtr. persegi/kolam.

Pembesaran step i ini tidak disarankan menggunakan kolam semen, karena benih ukuran ini membutuhkan area yang luas. sesudah benih ikan nila jadi gelondongan kecil maka benih memasuki pembesaran step ke-2 atau segera dijual pada pera petani.

Kolam pembesaran step ii berperan untuk memeliharan benih ikan nila gelondongan besar. kolam bisa berbentuk kolam tanah atau sawah. keramba apung juga bisa dipakai dengan mata jaring 1, 25–1, 5 cm. jumlah penebaran pembesaran step ii baiknya tidak kian lebih 10 ekor/meter persegi.

Pembesaran step iii berperan untuk pembesaran benih ikan nila. dibutuhkan kolam tanah kedalaman 80 cm. - 100 cm., dengan luas 800 - 2. 000 mtr. persegi.

d ) Kolam/tempat pembesaran
 
Pembesaran ikan nila bisa juga dikerjakan di jaring apung berbentuk hapa 1 x 2 mtr. hingga 2 x 3 m dengan kedalaman 75-100 cm. ukuran hapa bisa sesuai dengan kedalaman kolam.

Disamping itu sawah yang tengah diberokan bisa dipergunakan juga untuk pemijahan serta pemeliharaan benih ikan nila. sebelum saat dipakai petak sawah diperdalam dahulu supaya bisa menyimpan air sedalam 50-60 cm, dibikin parit selebar 1- 1, 5 m dengan kedalaman 60-75 cm.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl