About Fish and Aquarium

Populer Post

Membuat Pakan Alternatif Ikan Lele


Membuat Pakan Alternatif Ikan Lele (aquarium-hias) -Umumnya, beberapa peternak dapat meramu pakan yang terdiri dari dedak halus ( bekatul ) 20%, ampas tahu 20%, menir atau jagung giling 20%, serta ayam broiller mati yang dibeli borongan di peternakan ayam atau ikan rucah yang dibeli di area pelelangan ikan ( tpi ) sejumlah 35%, tepung tapioka 5% serta vit. c dan b complex.

Ayam broiller atau ikan tadi dibersihkan serta cuma di ambil dagingnya. tulang, jeroan dan kulit dibuang. setelah itu beberapa bahan itu digiling memakai gilingan daging manual. akhirnya berbentuk adonan yang simak.

Adonan dibentuk lempengan seperti pempek palembang lantas dikukus hingga betul-betul masak. sinyal kemasakan yaitu, jika ditusuk, telah tak ada sisi yang berwarna keputih-putihan. pakan ramuan sendiri inilah yang jadikan menu sehari-hari lele tersebut. baik yang tetap berbentuk burayak, kebul, putihan ataupun lele mengonsumsi.

Bedanya, pada pakan burayak, komposisi protein hewaninya diperbesar jadi 50% dengan ditambah kuning telur. telur-telur ini lalu adalah telur afkir yang situasinya tetap bagus, yang dibeli di entrepreneur penetasan telur ayam ataupun itik. dedak halus, ampas tahu serta menir atau jagungnya dikurangi sampai tiap-tiap tinggal 15%.
Pakan berbentuk kue kukus tersebut dapat tahan disimpan di kulkas s/d 1 minggu. sampai produksi pakan yang amat merepotkan ini dapat dikerjakan selang 1 minggu sekali, 3 hari sekali atau cocok dengan peluang serta keperluan.
Langkah pemberian pakan cukup hanya ditaruh didalam tampah, nyiru atau nampan kayu serta dimasukkan ke didalam bak atau kolam. tampah, nyiru atau kotak kayu ini dibikin tiga susun. tampah sangat bawah berukuran sangat besar, yang ditengah tanggung serta yang diatas sangat kecil.

Tiga tampah ini diikat kawat dengan jarak lebih kurang 15 cm. serta diberi gantungan untuk mengikatkannya di tiang pancang, sampai tampah teratas cuma masuk ke didalam air hanya 10 sd. 20 cm. pakan cuma ditaruh pada tampah sisi atas. namun dikarenakan lele itu dapat makan dengan berebutan, maka pakan dapat berhamburan serta jatuh pada tampah ke-2. disini lalu pakan diperebutkan serta kembali berhamburan.

Namun dikarenakan pakan di tampah ke-2 cuma adalah ceceran dari tampah diatasnya, maka yang jatuh ke tampah ketiga lalu volumenya terbatas.

Dengan cara itu, pakan yang jatuh serta masuk ke didalam kolam dapat diminimalkan. burayak, kebul, putihan atau lele di kolam pembesaran itu dapat segera berebutan setiapkali pakan di sajikan. porsi pemberiannya mesti cocok.
Langkah untuk mengukur keperluan pakan yaitu dengan menyimpan pakan sedikit untuk sedikit. bila pakan yang ditaruh habis, bermakna butuh ditaruh sedikit lagi. demikianlah selanjutnya hingga anak lele atau lele mengonsumsi di kolam pembesaran itu tidak ingin makan lagi. sesudah lele kenyang, maka area pakan itu diangkat supaya pakan yang tersisa tidak mencemari kolam. pemberian pakan mesti dikerjakan sesering barangkali.

Didalam 1 hari, pemberian pakan dapat berjalan empat hingga lima kali. keterlambatan pemberian pakan, juga pemberian pakan dengan frekuansi cuma dua hingga tiga kali, dapat menyebabkan beberapa lele alami kelambatan perkembangan, sesaat beberapa lain dapat tumbuh dengan amat cepat. mengakibatkan dapat berlangsung kanibalisme. lele yang kontet jadi mangsa lele yang pertumbuhannya amat cepat. individu lele yang kerap lakukan kanibal, dapat tumbuh lebih cepat lagi sampai mungkin untuk memangsa teman-temannya semakin banyak lagi.

Harga dedak halus, sekarang ini rp 800, - per kg. ( kering ). harga ampas tahu lebih kurang rp 150, - ( basah ). harga ayam mati rp 1. 000, - per ekor bobot 1, 5 kg. kotor atau 0, 75 kg. daging. menir atau jagung giling rp 1. 500, - per kg. tepung tapioka rp 2. 000, - per kg. vitamin-vitamin senilai rp 50, - per kg. ramuan. dengan komposisi dedak halus, ampas tahu serta menir 20%, ayam 35% serta tepung tapioka 5%, maka nilai pakan dengan bobot 10 kg yaitu rp 10. 900, - atau per kg. basah rp 1. 140, - cost produksi ( tenaga kerja + bahan bakar ) lebih kurang rp 200, - per kg. sampai keseluruhan nilai pakan rp 1. 340, - bobot basah atau bobot kering rp 2 000, - dengan anggapan harga pakan pabrik rp 2. 500, - per kg, maka harga pakan ramuan sendiri ini lebih murah rp 500, - per kg.

Harga lele di tingkat peternak, sekarang ini rp 5. 500, - dari harga tersebut, peternak mengambil marjin lebih kurang 20%, sampai harga pokoknya rp 4. 400, - dari harga pokok tersebut, lebih kurang 70% atau rp 3. 080, - adalah nilai pakan. harga ini memakai patokan perhitungan pakan pabrik dengan bobot 1, 232 kg. jika memakai pakan ramuan sendiri dengan nilai rp 2.000, -per kg, maka nilai pakan itu cuma rp 2. 464, - bermakna, dari setiap kg. ikan lele yang diproduksi memakai pakan ramuan sendiri, peternak memperloleh tambahan marjin rp 616, - dengan volume pembesaran lele 10 ton didalam periode waktu 3 bln., maka marjin tambahan yang dapat didapatkan peternak dari pemakaian pakan tambahan yaitu rp 6. 160. 000, -
 
Perhitungan ramuan pkan dengan konversinya tentu dapat amat beragam, bergantung lokasi peternakan serta kejelian peternak untuk berolehbahan pakan yang berkwalitas sama baik namun dengan harga yang tambah lebih murah. kelebihan pemakaian pakan buatan sendiri yaitu, peternak dapat mengatur komposisi protein hewani ataupun nabatinya, cocok dengan ketersediaan bahan yang ada.

Peternak juga dapat mempertinggi prosentase protein hewaninya supaya perkembangan lele dapat dipercepat, tetapi tanpa terlampau besar menambah beban cost pakan disebabkan pembengkakan nilai protein hewani terebut. ini seluruh membutuhkan kejelian yang luarbiasa, sampai keong sawah atau darat, kepompong ulat sutera serta cacing tanah contohnya, dapat dapat jadi besar marjin. pemeliharaan cacing tanah, sangat tinggi cuma bisa menggunakan cost produksi rp 2.000 per kg.
 
Ini dimungkinkan karena komponen pakan cacing yaitu limbah organik. walau nilai gizi cacing tanah terlampau tinggi untuk digunakan untuk pembesaran lele. cacing tanah lebih pas untuk pakan pembesaran ikan yang nilai ekonomisnya juga lebih tinggi dari lele.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl